Kamis, 27 November 2008

Musik Rock Menghentak Arab Saudi

RIYADH -- Empat remaja ini tergolong bukan warga biasa. Mereka kukuh pada idealismenya sebagai pemain musik. Tak tanggung-tanggung, di negara ultrakonservatif Arab Saudi, mereka berani mengusung aliran musik cadas alias rock! Apalagi personelnya cewek semua.Bernaung di bawah bendera “the Accolade”, mereka percaya diri membawakan musik-musik menghentak. Pertama dalam sejarah permusikan negara padang pasir itu.

Meski demikian, mereka tak bisa sembarangan manggung di tempat umum. Mereka harus puas hanya tampil di tempat-tempat rahasia, jauh dari pengawasan otoritas keagamaan yang ultrakonservatif. Selain itu, foto mereka tak bisa sembarangan nampang di sampul album.

“Di Arab Saudi, itu sebuah tantangan. Mungkin kami gila, tapi kami ingin beda,” kata Lamia, vokalis utama grup musik itu seperti dikutip International Herald Tribune.
Single pertamanya berjudul “Pinocchio” menjadi salah satu hit underground paling top di kalangan penggemar musik metal di Arab Saudi.

Bahkan, telah di-download oleh ratusan muda-mudi Arab Saudi lewat situs pribadinya. Selanjutnya, empat sekawan itu ingin lebih mematangkan karakter bermusiknya lewat peningkatan frekuensi manggung. Tentu saja di tempat rahasia sambil merampungkan album.

Pinocchio adalah aspirasi yang menyuarakan kesenjangan hak dan kewajiban antara laki-laki dan perempuan. Di negara yang tak mengizinkan perempuan mengemudi ataupun tampil di depan publik tanpa penutup wajah itu, menjadikan band ini terasa berbeda. Apalagi dinyanyikan oleh perempuan dengan aliran yang tak lazim.

Band ini terbentuk tiga tahun silam. Digawangi empat dara muda yang masih kuliah. Masing-masing Dina dan adiknya, Dareen --yang kala itu baru berusia 19 tahun-- berposisi sebagai pembetot bas. Lantas, Lamia dan Amjad di posisi sebagai pemain keyboard.

Mereka latihan setiap akhir pekan. Kadang kala, saudara lelaki Dina yang lebih muda diplot sementara sebagai penabuh drum. Awal November, Dina --mahasiswa King Abdulaziz University-- mulai menulis lirik lagu berdasarkan salah satu lukisan paling favoritnya, “The Accolade” karya Edmund Blair Leighton.

Lukisan yang menggambarkan perempuan bangsawan berambut panjang memberi gelar kehormatan kepada prajurit muda dengan sebuah pedang. “Saya suka lukisan itu karena menampilkan perempuan yang merasa puas terhadap pria,” katanya.

Di Arab Saudi, rock and roll dianggap sama dengan kebiasaan jahiliah. Era kemerosotan moral. Sebabnya, citra buruk yang dicontohkan grup musik rock dari Barat. Imejnya seperti setanisme atau mistis. Bila ada yang ketahuan seperti ini, bisa masuk penjara dengan tuduhan praktik ilmu hitam atau guna-guna.

Namun beberapa tahun terakhir, dengan penjagaan polisi agama, band-band sudah diperbolehkan tampil di depan umum, semacam konser. Ada beberapa band malah telah rekaman album.

“Yang kami lakukan bukan kesalahan. Ini seni, dan kami melakukannya di jalur yang benar,” tukas Dina. Dia juga tak mau melanggar tradisi jika grup band-nya bergerak terlalu nekat melangkahi tradisi.

“Kami menghormati tradisi kami,” sambungnya. Kelompok musik “the Accolade” ini berkeinginan besar suatu saat dapat konser di depan penonton yang membeludak. Tempat yang jadi cita-cita itu adalah di Dubai.“Penting bagi mereka mengetahui bagaimana sebenarnya kemampuan kami,” kata Dina.

Mereka telah memulai perlahan. Sekarang mereka sudah sering tampil, meski hanya di depan penonton sesama jenis. Mereka tak mendapat halangan apapun dari orangtua. “Kami hanya diminta menjaga harapan mereka meskipun kecil,” kata Lamia.

Rabu, 26 November 2008

Operational FC siap menggantikan PSM bila mundur dari ISL 2008!!



(tim ini di perkuat iccank gigs,Maradongna,Erwinesta,Peter cezh,pak sapari Emerson dan banyak pemain dunia lainnya dan memiliki jam terbang yg tinggi walaupun cuma melawan ACADEMIC FC setiap hari sabtu)

Sekarang betul2 masa yg paling sulit yg pernah di alami PSM sejak pertama kali berdiri menjadi sebuah keseblasan sepak bola!!!bagaimana tdk PSM sekarang lagi mengalami krisis keuangan dan siap2 di tinggal para pemain pilarnya setelah Aldo bareto memastikan hengkang ke PERSISAM walaupun dengan status pinjaman!!!!walaupun begitu ada sebuah tim berjudul OPERATIONAL FC yg siap menggantikan PSM klo PSM ingin mundur dari ISL 2008!!!karena para pemain OPERATIONAL FC rela tidak di bayar untuk memperkuat menggantikan PSM,tidak seperti para pemain PSM yg ingin pindah cuman karena gajinya di potong 50% yg artinya tetap diatas 20 juta sebulan(ckckckckckckckc...ka banyak mi itu!!!walaupun begitu Makassar adalah tempat dimana para pemain2 muda potensial bermunculan jadi kita tdk usah khawatir bila pemain seperti syamsul,irsyad ,iqbal samad ingin hengkang dari PSM!!!!!
(tulisan ini cuman sebagai kritik buat para pemain PSM yg terlalu mengutamakan uang di bandingkan membela tanah daerah kelahirannya!!!!)

Prisa / Padahal Ku Slalu Ada

G G/F#
Bagai malam tak berbintang
Em G7
hatiku sepi tanpamu
C G
Kuingin engkau ada disini…

G G/F#
Tapi semua tak terjadi,
Em G7
kini engkau telah pergi
C G
Padahal aku selalu ada..
C A
menemani dirimu..
[*]
G C Am
Disaat kau jatuh, disaat kau butuh..
Bm C D G
Ku tetap setia disampingmu..
G C Am
Disaat kau perlu, disaat kau rindu..
Bm C D G
Kuselalu ada disisimu..
[-] C G C
Tak pernah tinggalkanmu..oh...

G G/F# Em G7
Semua kata yang kau ucap, hanya manis ditelinga
C G
Bahwa aku yang terbaik untukmu
G G/F# Em G7
Secepat itu berubah, kau pergi begitu saja
C G C A
Padahal aku selalu ada, menemani dirimu..

Ulang [*] 2x,[-]
Interlude: G C Am Bm C D G 4x, [-]

Jumat, 21 November 2008

Kata SINDENTOSCA Persahabatan Bagai Kepompong !


Band yang hanya beranggotakan 1 orang ini cukup sederhana dalam menghasilkan karya-karyanya, hanya membutuhkan 1 ruangan, 1 perangkat komputer, 1 gitar, dan 1 buah mic condenser, mic khusus untuk komputer seperti terlihat di background. Bukan karena ingin terkesan independen dengan faham-faham do-it-yourself akut, namun lebih kepada keadaan si Jalu a.k.a the one and only pekerja seni di band ini yang emang sederhana. Namun dengan niat yang sungguh-sungguh, apapun kesulitan yang menghadang lambat laun mulai bisa dilalui. sindentosca terbentuk awal 99 dengan 3 orang personil, Jalu-vocal, Andre-gitar, dan Danny-bass. Kemudian awal 2001 seorang drummer cewek bernama Ree gabung, menjadi satu-satunya makhluk cantik di band ini. Lalu sindentosca terpecah, hanya tinggal Jalu dan Ree, sajodo. Dan setelah berjuang habis-habisan (maksudnya berkerumun aja di kamar doang :p) Ree keluar dari sindentosca tahun 2003. Akhirnya Jalu sendirian dan sampai sekarang lumayan sibuk mengharumkan nama sindentosca 90% melalui internet (dasar pemalas): bikin situs resmi sindentosca, bombardir e-mails, nyerang milis-milis, debat chatting, ngelobi di friendster dll, sampai mendapat tawaran manggung dan interview dari beberapa media cetak dan radio, juga diinterview dan dimuat di Toeltoel.com, situs asal Seattle, Amrik.
Bersamaan dengan itu, sindentosca menelorkan debut album berjudul "tiduran, tertidur + bertelur" yang terpaksa dibuat secara homemade karena keterbatasan modal. Album tersebut berupa CD yang 100% dikerjakan di rumah. CD tersebut dibandrol seharga 40rb, harga ini sudah termasuk 12 track lagu, bonus stiker, booklet + lirik, dan semua dikemas dengan desain yang "cantik". Namun ada saja yang komplain dengan harga 40rb. Kemudian, karena sindentosca ingin selalu memuaskan penggemarnya maka dirilis juga CD yang versi 20rb, namun CD ini merupakan split side A dan side B, berisi masing-masing 6 lagu dan 3 bonus tracks.

Profil:
Nama Band: sindentosca
Nongol: 1999
Genre: Sundaceltic
Personil: 1 orang
Kota: Kembang
Kontak:
Kikiw: 08122170164
sindentosca@yahoo.com
Album:
"tiduran, tertidur + bertelur" homemade edition (self release, 2004)
"tiduran, tertidur + bertelur" side A & side B (self release, 2004)
Video Klip: Sebatas Teman (released on MTV, 2004)
Website: www.sindentosca.tk
Label: ---

Nih chord lagu kepompongnya!!!

Intro: E A F#m B

E
Dulu kita sahabat
A
dengan begitu hangat
F#m B
mengalahkan sinar mentari

E
Dulu kita sahabat
A
berteman bagai ulat
F#m B
berharap jadi kupu-kupu

F#m A E
Kini kita berjalan berjauh-jauhan
F#m A E
kau jauhi diriku karena sesuatu
F#m A E
mungkin ku terlalu bertingkah kejauhan
F#m B
namun itu karena ku sayang

E A
Persahabatan bagai kepompong
F#m B
Mengubah ulat menjadi kupu-kupu
E A
Persahabatan bagai kepompong
F#m B
Hal yang tak mudah berubah jadi indah
E A
Persahabatan bagai kepompong
F#m B
Maklumi teman hadapi perbedaan
E A
Persahabatan bagai kepompong
F#m B
na na na na na..

E
Semua yang berlalu
A
Biarkanlah berlalu
F#m B
Seperti hangatnya mentari

E
Siang berganti malam
A
Sembunyikan sinarnya
F#m B
Hingga dia bersinar lagi

n download lagunya di sini

What makes sindentosca special?

Sebenarnya spesial itu relatif, mungkin satu hal yang menjadi dasar penyemangat si Jalu menjalankan band ini yaitu sadar akan masih banyak yang kurang dari dirinya, seperti masih grogi di panggung, belum bisa menguasai audience, kostum yang masih sederhana, dan selalu kepentok biaya. Makanya Jalu selalu menjadi orang yang penasaran, bisa sampai mana sindentosca ini walau tampil apa adanya? Jadi... apa spesialnya? Cari tauk aja sendiri!

Jumat, 07 November 2008

Pengaruh Musik Bagi Bayi Dalam Kandungan Anda.

Bagaimana pengaruh musik bagi bayi dalam kandungan?
Banyak pakar ahli yang memberikan pendapat yang kontroversi atau bertentangan tentang pengaruh musik bagi bayi dalam kandungan.

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa janin / bayi dalam kandungan dapat bereaksi terhadap bunyi atau suara yang didengarnya dengan bergerak.

Tapi ahli lain berpendapat bahwa tidak ada seorangpun yang tahu pasti apa arti dari pergerakan bayi tersebut sewaktu mendengarkan musik; apakah bayi senang atau justru merasa terganggu, karena para ahlipun tidak dapat meneliti bayi yang belum dilahirkan semudah setelah bayi dilahirkan.

Dan pakar ahli lainnya menyatakan bahwa tidak ada bukti penelitian langsung bahwa musik dapat membuat bayi lebih pandai dan kreatif.

Dan masih banyak pendapat yang saling kontroversi tentang pengaruh musik bagi bayi dalam kandungan ini.

Ada suatu penelitian yang menemukan bahwa musik membantu pertumbuhan yang lebih baik pada bayi premature , dimana lagu-lagu yang tenang dimainkan pada bayi premature ini selama 40 menit setiap hari, dan dalam hari ke 4 pemeriksaan bayi premature yang diperdengarkan musik meningkat berat badannya, detak jantung menjadi lebih kuat dibanding yang tidak mendengarkan musik.

Setelah menilai dari banyak pertentangan pendapat dari beberapa ahli tentang pengaruh musik dan bayi dalam kandungan, apakah musik memberi kesenangan atau menganggu janin dalam kandungan, maka keputusan tetap ada pada anda sendiri apakah memperdengarkan musik untuk bayi anda atau tidak.

Dan pada kenyataanya kita semua mengetahui bahwa musik dapat memberikan rasa tenang dan rileks pada sesorang begitu juga, musik dapat menolong ibu hamil untuk lebih rileks, tenang dan secara tidak langsung akan memberikan pengaruh positif bagi bayi dalam kandungannya.

Salah satu jenis musik yang dianjurkan untuk didengarkan adalah musik klasik seperti Mozart, karena musik ini dapat memberikan ketenangan dan ada pendapat menyatakan musik klasik akan meningkatkan aktivitas gelombang otak yang dapat membantu membangun jaringan-jaringan sipnasis otak dengan lebih baik .

Dengarkanlah musik secara rutin sehingga tidak memberikan stimulus berlebihan terhadap bayi anda, juga dengan suara yang tidak terlalu keras karena akan menyakitkan dan mengejutkan bayi anda. Jangan kuatir karena cairan ketuban anda adalah konduktor atau penghantar suara yang baik.

Yang perlu anda ketahui ketika anda memutuskan untuk
memperdengarkan musik pada bayi dalam kandungan anda, adalah karena anda menikmatinya dan memberi ketenangan, rileks buat anda, BUKANkarena anda mencoba membuat bayi dalam kandungan anda lebih pandai dan kreatif.

© Dr. Suririnah- www.infoibu.com

Selasa, 04 November 2008

ANNIVERSARY XI UKM SENIOR PNUP

SELAMAT ATAS TERSELANGGARANYA KEGIATAN ANNIVERSARY UKM SENIOR PNUP YG KE-XI SEMOGA UKM KITA JAYA SELALU
acara ini ternyata di gelar dari bulan oktober dan di akhiri di acara puncaknya pada bulan november (31 oktober-1 november) dengan rangkaian acara seperti three on3,tennis table cup,winning eleven,band competition n y paling mantap itu dance performance(seksi man),Acara yg berlangsung sukses ini bisa d bilng lumayan berbeda dengan kegiatan2 anniversary sebelum2nya!
kemarin panitia melibatkan anak2 SMU n UKM SENI se kota makassar untuk ikut tampil,n yg akhirnya anak2 drama mulai unjuk gigi walaupun cuman parodi doank!!!!
sekali lagi buat pengurus n anak2 panitia 06 tetap semangat demi kejayaan kita bersama!karna yg kita lakukan sekarang adalah apa yg akan kita rasakan d masa depan cess!!!